23.21
0
Buat agan-agan yang pernah, atau ingin buat manga pasti pernah dengar yang namanya G-Pen. Tapi tau tau kah kalau g-pen itu sebenarnya hanya salah satu jenis dari Dip pen? 


Di Jepang, Dip pen atau pena celup disebut Tsuke-pen. Sesuai namanya, cara menggunkan tsuke-pen adalah dengan mencelupkan ujung pen ke tinta. Alat ini dahulu (dan sampai sekarang) masih dipakai sebagai alat untuk menulis meskipun lebih banyak digunakan untuk menggambar manga. Ada beberapa jenis tsuke-pen, yaitu:

G-Pen [Gペン] 






G-pen adalah alat yang dulu dipakai sebagai alat untuk menulis, namun sekarang g-pen lebih populer sebagai alat gambar para mangaka. Kelebihan g-pen adalah ia dapat membuat garis tebal-tipis dalam sekali tarikan. Selain itu g-pen lebih sering digunakan untuk menggambar shonen manga karena karakteristik garisnya yang kuat. 

Maru-Pen [丸ペン] 



Maru-pen sering digunakan untuk menggambar shojo manga karena karakteristik garisnya yang tipis. Karena garis yang dihasilkan tipis, maka maru-pen juga sering digunakan juga untuk menggambar bagian-bagian detail dalam manga shojo maupun shonen, serta digunakan untuk menggambar background. 

Kabura-Pen [カブラペン] 



Sama seperti G-pen, kabura-pen juga digunakan untuk menulis di jaman dahulu. Kabura-pen sifatnya lebih kaku dengan semacam spon di ujungnya. Kita dapat dengan mudah mengatur tebal-tipisnya garis dengan mengatur tekanan tangan saat membuat garis. Meski begitu, kabura-pen tidak dapat menghasilkan garis setipis g-pen, dan karakteristiknya dapat diterapkan dalam semua jenis manga. Biasanya mangaka amatir menggunakan kabura-pen dahulu sebelum mereka menggunakan g-pen. 

School-pen [スクールペン] 



Satu lagi dip-pen yang dapat menghasilkan garis tipis, school-pen. Garis yang dihasilkan dapat setipis g-pen namun ia tidak bisa membuat garis tebal-tipis dalam sekali gores seperti g-pen. Alat ini kurang populer di kalangan mangaka. 

Nihon Ji Pen (Japan Shaped Pen) [日本字ペン] 


Alat ini dikembangkan untuk memudahkan orang-orang dalam menulis karakter huruf jepang. Katanya dengan Japan Shaped Pen kita dapat menulis huruf jepang dengan lancar dan nyaman.

Ini contoh perbandingan ketebalan g-pen, maru-pen, dan kabura-pen saat digunakan untuk menggambar manga:   



Sumber: ja.wikipedia.org/wiki/つけペン, mangatorials.blogspot.com, gazaiyasan.com, google.com/images

Crows Zero wallet... do you want it?!
http://limitedshoping.com/TFOA_busoh-sensen-wallet_7th-generation

0 komentar:

Posting Komentar