23.32
0
Naruto, One Piece, Gintama, dan semua manga tercipta dari kerja keras sang mangaka. Selain mangaka, ada 'orang-orang' lain yang punya andil besar dalam suksesnya sebuah karya tersebut, yaitu editor.


Mangaka tanpa editor itu seperti nasi goreng tanpa garam: kurang! Mereka tidak akan tahu manga layak terbit itu seperti apa tanpa dedikasi seorang editor. Bahkan dalam Bakuman pernah disebutkan kalau suksesnya seorang mangaka itu tergantung editornya.

Seorang editor manga memang punya peran besar. Ia membenahi bagian-bagian yang kurang pas dari karya mangaka supaya karya tersebut layak terbit. Terkadang jika asisten kurang dan deadline sudah mepet, editor rela tidak tidur untuk membantu menyelesaikan manga dari mangaka asuhannya.


Tugas utama editor adalah mengedit name (storyboard), memberi masukan untuk cerita, memastikan karya siap terbit tepat waktu, dan memastikan manga itu sesuai dengan standar perusahaan. Terkadang mereka juga mencarikan refrensi materi cerita, mencarikan asisten, mengatur gaji asisten, mengurus adapatasi anime, adaptasi Drama CD, dan lainnya, serta membantu menyelesaikan manga bila perlu (mepet deadline).




Dalam unit Weekly Shonen Jump, terdapat beberapa kelompok editor dan masing-masing memiliki ketua kelompok. Di atas itu ada Editor-in-Chief dan Asisten Editor-in-Chief. Mereka tidak berhubungan langsung dengan mangaka namun merekalah yang membuat JUMP terus berjalan.  Beberapa kali dalam setahun diadakan rapat serialisasi yang dihadiri oleh para ketua kelompok dan Editor-in-Chief. Mereka memilih manga yang akan diserialisasi dan mana yang harus segera ditamatkan.

Sumber: bakuman (anime), web-japan.org, bakuman.wikia.com/wiki/Editor, manga.about.com

T-Shirt Trafalgar Law boleh nihh.. langsung klik aj :D
http://limitedshoping.com/kaosanime_onepiece_trafalgar

0 komentar:

Posting Komentar