21.36
1
Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui, di Jepang ada sistem penerbitan manga secara mingguan atau bulanan. Salah satunya adalah Shonen Jump. Shonen Jump sudah banyak melahirkan banyak karya legenda seperti Dragon Ball dan Ashita no Joe. Dalam sistem Weekly Shonen Jump, setiap manga populer akan diterbitkan dalam bentuk buku komik per 10 chapter. Buku-buku ini biasanya menjadi refrensi pembuatan live-action dan anime (karena 1 buku hanya berisi 1 judul cerita saja jadi lebih praktis). Dan di bawah ini 20 buku komik dengan penjualan tinggi:

#20 Death Note  
(12 Volume: 2003-2006) Terjual 27 juta kopi 


Bercerita tentang Death Note, sebuah buku yang bisa membuat orang yang namanya ditulis di sana akan mati dalam 40 detik. Sang pengguna, Light Yagami (Kira) berkeinginan untuk membuat dunia ideal -- dimana tidak ada penjahat -- menggunakan Death Note.
Ternyata kepopuleran Death Note tak selamanya berimbas baik. Di Belgia pernah terjadi kasus pembunuhan di mana di dekat mayat terdapat notes bertuliskan "Watashi wa Kira desu" (I'm Kira).

#19 Yu-Gi-Oh  
(38 Volumee: 1996-2004) Terjual 28 juta kopi


Bercerita tentang seorang anak bernama Yugi Mutou yang kebetukan diberi"millenium puzzle" misterius peninggalan zaman mesir kuno. Setelah berhasil menyusun puzzle itu, roh dari dalam puzzle 'merasuki' Yugi dan menjadi semacam kepribadian yang lain, Yami Yugi.
Manga tentang permainan kartu ini sangat populer dan berlanjut ke industri kartu Yugi dan Game Yugi Oh. Guinness World Record juga pernah mencatatkan Yugi Oh sebagai kartu dengan penjualan terbanyak.

#18 BASTARD!! : Heavy Metal, Dark Fantasy  
(Sementara 27 volume : 1998-sekarang) Terjual 30 juta kopi 

Komik ini mengambil kisah dari Mitologi dan Bibel, bercerita tentang Dark Schneider yang bertarung dengan iblis dan malaikat. Setelah pernah hiatus, manga ini berlanjut lagi tetapi berbeda majalah.

#17 City Hunter  
(35 Volume : 1985-1991) Terjual 35 juta kopi



Bercerita tentang kegiatan heroik dan komedi Ryo Saeba ketika ia bekerja sebgai bodyguard dan detective di Shinjuku, Tokyo. Meskipun manga ini ditujukan untuk pembaca dewasa buku komiknya sendiri terjual sangat baik. Sekarang City Hunter berlanjut dengan judul "Angel's Heart".

#16 Dr. Slump  
(18 Volume : 1980-1984) Terjual 35 juta kopi


Manga buatan Akira Toyama (Dragon Ball) ini bercerita tentang Arale dan para penduduk Penguin Village. Cetakan pertama volume ke-6 mencapai 2,2 juta kopi dan menjadi first of the first edition yang terjual menembus 2 juta kopi.


#15 The Prince of Tennis  
(42 Volume : 1999-2008) Terjual 40 juta kopi


Bercerita tentang Echizen Ryoma, seorang jenius tenis yang masuk ke ssekolah yang terkenal dengan tenis dan berkeinginan untuk menjadi juara nasional. Kelebihan manga ini adalah penjelasan yang detai dan mudah dimengerti seputar tenis sehingga pembaca yang tidak tahu tenis pun bisa mendalami cerita.


#14 Rokudenashi Blues  
(42 Volumee: 1988-1997) Terjual 43 juta kopi


Manga tentang tinju ini banyak membahas tentang pertemanan, pertarungan, dan tentu saja tinju. Setting Rokudenashi Blues banyak menampilkan tempat-tempat populer di Tokyo seperti Shinjuku, Shibuya, dan Asakusa. Yang menjadi menarik di manga ini adalah karakternya yang mirip penyanyi dan olehragawan terkenal.


#13 Yu Yu Hakusho  
(19 Volume: 1990-1994) Terjual 47 juta kopi


Ditulis oleh pengarang Hunter x Hunter, Yoshihiro Togashi, manga ini bercerita tentang petualangan Yusuke Urameshi dan tentang pertarungan bela diri.


#12 Rurouni Kenshin  
(28 Volume: 1994-1999) Terjual 50 juta kopi


Salah satu manga sejarah terbitan Jump. Bercerit tenang petualangan Rurouni Kenshin, mantan samurai pembantai yang sudah 'tobat' di Era Meiji. Salah satu karakter sejarah yang banyak ditampilkan adalah Shinsegumi. Pada tahun 2012 dan 2014 dibuat movie-live action dan mendapat sambutan baik.


#11 Dragon Quest: Dai’s Great Adventure  
(37 Volume: 1989-1996) Terjual 50 juta kopi



#10 Hunter × Hunter 
(Sementara 32 Volume: 1998-Sekarang) Terjual 60 juta kopi


Bercerita tentang Gon, yang mendapat perintah untuk menemui ayahnya yang bahakan belum pernah ia lihat. Untuk itu Gon harus menjadi Hunter, sebuah pekerjaan yang bagai khayalan di sana. Banyak ditampilkan musuh-musuh dengan kemampuan spesial menjadi point penting manga ini. Setelah hiatus beberapa waktu yang lalu, Hunter x Hunter kini sudah berjalan lagi.


#9 Fist of the North Star  
(27 Volume: 1983-1988) Terjual 60 juta kopi


First of the North Star bercerita tentang Kenshiro employs the Hokuto Shinken fighting style dalam melawan musuh-musuh kuat karena pada tahun 199X Bumi telah hancur karena perang nuklir.


#8 Captain Tsubasa  
(37 Volume: 1981-1988) Terjual 70 juta kopi


Captain Tsubasa adalah salah satu anime yang populer di Indonesia. Bercerita tentang Tsubasa Oozora yang ingin menjadi pemain sepak bola profesional di Brazil. Banyak teknik-teknik tidak masuk akal di sini. Tetapi mungkin itu salah satu nilai plus untuk Captain Tsubasa.


#7 JoJo’s Bizarre Adventure  
(Sementara 107 Volume: 1987-sekarang) Terjual 77 juta kopi


Keluarga Joestar memiliki tradisi untuk mengangkat kepala keluarga secara turun temurun. Jojo's Bizarre Adventure bercerita tentang perbedan karakter di keluarga itu dan dari satu kota ke kota yang lain. Manga yang belum menunjukkan tanda-tanda akan tamat ini termasuk salah satu manga dengan volume terbanyak.


#6 Bleach  
(Sementara 57 Volume: 2001-sekarang) Terjual 78 juta kopi


Bercerita tentang Dunia Shinigami dimana Ichigo Kurosaki seorang pelajar SMA biasa tidak sengaja terlibat ke dalamnya. Selain Shinigami, cerita Bleach masih terus berkembang hingga sekarang. Anime ini pernah ditayangkan di Indonesia sebelum menghilang beberapa tahun yang lalu.


#5 Slam Dunk  
(31 Volume: 1990-1996) Terjual 117 juta kopi


Manga tentang basket paling populer ini memiliki banyak pengaruh di dunia ekskul basket SMP dan SMA Jepang. Cerita berfokus tentang basket: kerja sama tim dan lawan.


#4 Naruto  
(Sementara 63 Volume: 1999-sekarang) Terjual 135,5 juta kopi


Siapa yang tidak tahu Naruto?


#3  Kochira Katsushika-ku Kameari Kōen Mae Hashutsujo 
(Sementara 184 Volume: 1976-sekarang) Terjual 155.3 juta kopi


Salah satu manga terpanjang yang belum menunjukkan tanda-tanda akan tamat meski sudah hampir volume ke-200 ini bercerita tentang keseharian seorang petugas polisi yang bertugas di daerah Tokyo. Tidak hanya tentang kesehariannya saja, di manga ini juga banyak ditampilkan humor, pop-culture dan peristiwa dramatis. Kochira Katsushita-ku Kameari Kouen Mae Hashutsujo mendapat penghargaan dari Guinness World of Record sebagai manga terpanjang yang masih berlanjut di shonen-magazine.


#2 Dragon Ball  
(42 Volume: 1984-1995) Terjual 230 juta kopi


Manga karangan Akira Toyama yang banyak menjadi refrensi manga saat ini, Dragon Ball memang tidak diragukan lagi kepopulerannya. Dragon Ball mengambil cerita dari legenda China, Journey to The West.


#1 One Piece  
(Sementara 68 Volume: 1997-sekarang) Terjual 270 juta kopi


Sebagai manga terpopuler saai ini, manga karangan Eiichiro Oda tentang pertuangan bajak laut ini  juga belum terasa akan tamat. Kepopulerannya bahkan sudah melampaui Dragon Ball dan Naruto. Saat ini sudah dibuat banyak Movie dan Marchendaise juga.

Sumber: en.rocketnews24.com/2013/02/26/the-best-of-the-best-of-manga-shonen-jumps-20-best-sellers-of-all-time/

Oke jaket dari sang jawara #1 ready stock nih :D ayo diorder!
http://limitedshoping.com/jaket-anime-one-piece_trafalgar-law
 

1 komentar: