20.26
1
Seifuku [制服] secara istilah artinya seragam untuk sekolah. Istilah seifuku sendiri mulai populer di Indonesia sejak kata tersebut digunakan untuk menyebut 'kostum' JKT48. Banyak perdebatan soal arti Seifuku karena hal ini, namun seperti yang dirilis official JKT48, penyebutan kostum untuk perform JKT bukan 'Seifuku' tetapi 'Costume'.


Di Jepang sekarang sudah dilegalkan berbagai macam model seragam, namun jenis seragam yang awal digunakan diantaranya Gakuran dan Sailor Fuku.


Gakuran

Gakuran [学ラン] atau Tsume-eri [詰襟] adalah seragam yang lazim dikenakan siswa SMP atau SMA di Jepang. Gakuran umumnya berwarna hitam atau biru gelap. Model seragam ini meniru seragam tentara Prancis dengan ciri khas lengan pnjang dan kerah berdiri.

Dulu, Gakuran juga dipasangkan dengan student cap yang berwarna hitam.  Di Jepang berkembang rumor bahwa ketika seorang siswa ditembak siswi kemudian ia memberikan kancing kedua Gakurannya, maka si siswa juga menyukai siswi tersebut. Kenapa kancing kedua? Karena itu yang paling dekat dengan hati, bisa diartikan 'Aku memberikan hatiku untukmu~' :p


Sailor Fuku

Sailor Fuku [セーラー服 sērā fuku] digunakan oleh siswi SD (sedikit), SMP, dan SMA. Seragam ini pertama kali digunakan sebagai seragam pada tahun 1920. Sailor Fuku meniru model British Royal Navy. Dahulu Sailor Fuku identik dengan seragam siswi SMA, namun saat ini model seragam SMA banyak meniru style barat seperti kemeja dengan rok kotak-kotak atau blazer. 

Sumber: en.wikipedia.org/wiki/Japanese_school_uniform














Ini contoh penerpan seifuku di sekolah-sekolah :)


 



Kamu juga bisa punya gakuran bagus niih :D
 http://limitedshoping.com/jascrowszerogakuran_schoolpremiumedition

1 komentar: